Bibliotherapy Untuk Menolong Peserta Didik Edit
45000
- Detail Produk
- Penulis Dra. Sri Narti, M.Pd.
- Halaman viii, 119 hlm
- ISBN 978-623-02-0678-8
- Ketersediaan Pesan Dulu
- Tahun 2020
- Bibliotherapy Untuk Menolong Peserta Didik
- Disclaimer: Anda membeli buku asli bukan bajakan
Bibliotherapy sebagai sebuah teknik dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling pada saat ini sedang menjadi sebuah kebutuhan di mana dunia informasi berbasis bacaan telah begitu akrab dengan masyarakat yang juga mengalami permasalahan dalam kehidupan mereka.
Bibliotherapy sering disebut juga terapi membaca yang di dalam prosesnya individu yang mengalami masalah diminta membaca buku-buku yang bersifat menolong dirinya dan memotivasi agar mempercepat penyembuhan.
Aktivitas membaca dalam bibliotherapy menggunakan buku yang sesuai dengan usia yang diterapi atau ditolong, biasanya dilanjutkan dengan diskusi sesuai dengan topik masalah kehidupan yang sesuai dengan kondisi yang sedang dialami.
Bibliotherapy digunakan oleh konselor sekolah, pekerja sosial, perawat kesehatan, guru, dan pustakawan. Penggunaan buku sebagai terapi untuk mendukung kebutuhan anak dalam memproses informasi untuk meningkatkan pemahaman dan meningkatkan kesadaran dalam masalah yang dialami.
Bibliotherapy atau terapi pustaka ini mencakup tugas membaca bahan bacaan yang terseleksi, terencana, dan terarah sebagai suatu prosedur treatment atau tindakan menolong dengan tujuan penyembuhan karena diyakini bahwa membaca dapat memengaruhi sikap, perasaan, dan perilaku individu sesuai dengan yang diharapkan.
Penggunaan terapi pustaka atau bibliotherapy sebagai salah satu alternatif terapi atau tindakan menolong dalam menangani berbagai permasalahan pada remaja yang perlu dipertimbangkan. Hal ini, disebabkan karena bibliotherapy dapat merangsang individu untuk berpikir dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja serta melibatkan kemandirian dan partisipasi individu yang bersangkutan secara penuh sehingga hasilnya cukup efektif.