Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini Edit
80000
- Detail Produk
- Penulis Dr. MA. Muazar Habibi, S.Psi., M.Pd.
- Halaman x, 204 hlm
- ISBN 978-602-280-635-6
- Ketersediaan Pesan Dulu
- Tahun 2020
- Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini
- Disclaimer: Anda membeli buku asli bukan bajakan
Dimensi-dimensi perkembangan anak—fisik, sosial, emosi, kognitif, dan spiritual—berhubungan erat satu sama lain. Perubahan dalam satu dimensi memengaruhi dan dipengaruhi oleh dimensi lain. Perkembangan dalam satu dimensi dapat membatasi atau memfasilitasi per-kembangan pada dimensi-dimensi lainnya (Sroufe, Cooper, & DeHart 1992; Kostelnik, Soderman, & Whiren, 1993).
Sebagai contoh, ketika para bayi mulai belajar berjalan, kemampuan mereka untuk menjelajahi lingkungan menjadi meluas dan pergerakan mereka ini, pada gilirannya, memengaruhi perkembangan kognitif mereka. Demikian juga perkembangan dalam keterampilan berbahasa memengaruhi kemampuan anak-anak untuk membangun hubungan-hubungan sosial dengan orang dewasa dan anak-anak yang lain, dan pada gilirannya keterampilan-keterampilan dalam interaksi sosial ini dapat mendukung atau menghambat perkembangan bahasa mereka.
Karena dimensi-dimensi perkembangan tersebut berhubungan satu sama lain, kita seharusnya menyadari Analisis kebutuhan betul hal ini dan menggunakan kesadaran ini untuk mengorganisasikan pengalaman-pengalam belajar anak, membantu anak-anak berkembang secara optimal dalam semua dimensi perkembangan dirinya. Sebagai pendidik, misalnya, kesadaran akan adanya hubungan antarsemua bagian perkembangan ini, bermanfaat untuk perencanaan kurikulum untuk berbagai kelompok usia anak. Kurikulum untuk bayi, anak-anak batita (bayi sampai usia tiga tahun), dan anak usia prasekolah hampir pasti digerakkan oleh kebutuhan untuk mendukung perkembangan yang sehat pada semua bagian diri anak. Sementara untuk anak-anak usia sekolah dasar perencanaan kurikulum diarahkan sebagai usaha-usaha untuk membantu anak-anak mengembangkan pemahaman-pemahaman konseptual yang dapat diaplikasikan pada mata pelajaran yang dipelajari.